(Daftar kata atau istilah dengan penjelasannya
dalam bidang tertentu)
Analisis data: penelaahan
(pemeriksaan) dan penguraian data hingga menghasilkan simpulan.
Analisis deskriptif
(kualitatif atau kuantitatif): penguraian data secara deskripsi; deskripsi:
pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci. kuantitatif:
berdasarkan jumlah atau banyaknya; kualitatif: berdasarkan kualitas,
biasanya diungkapkan dengan kata-kata, istilah atau kalimat: baik, buruk,
kurang, sebagian besar, dsb. Contoh: data kualitatif dari hasil observasi
pembelajaran dalam PTK: sebagian besar siswa masih belum memahami penjelasan
guru; guru masih terlalu banyak bicara sehingga siswa menjadi tidak aktif, dst.
Bahan ajar: adalah informasi
ringkas dalam bentuk narasi atau powerPoint yang dimuat atau dilampirkan
dalam Buku Panduan Belajar yang gunakan secara langsung dalam kegiatan belajar
(tatap muka) untuk memahami topik pembelajaran.
BERMUTU (Program): Better
Education through Reformed Management and Universal
Teacher Upgrading atau peningkatan mutu pendidikan melalui
peningkatan kompetensi dan kinerja guru atau suatu program digagas oleh Ditjen
PMPTK, Ditjen DIKTI, Balitbang Depdiknas dengan dukungan pendanaan dari
Pemerintah Belanda (melalui Dutch Trust Fund) dan Bank Dunia (pinjaman
lunak melalui IDA Credit dan IBRD Loan), serta dana pendampingan yang berasal
dari Pemerintah Pusat dan Daerah.
Buku kerja guru: adalah buku
yang berisi rekaman kegiatan, hasil dan kemajuan yang dicapai oleh guru, serta
kendala dalam mengikuti kegiatan Program BERMUTU. Buku ini menjadi portofolio
atau salah satu bagian dari portofolio yang disusun oleh guru.
Case Study (Studi Kasus): rangkuman pengalaman pembelajaran (pengalaman
mengajar) yang ditulis oleh seorang guru/dosen dalam praktik pembelajaran
mereka di kelas yang dapat memberikan contoh nyata tentang masalah-masalah yang
dihadapi oleh guru pada saat mereka melaksana-kan pembelajaran.
Catatan anekdotal:
Catatan-catatan singkat tentang kejadian-kejadian yang menarik dari observasi
proses pembelajaran, yang akan digunakan untuk melengkapi data PTK. PB/PTK 212 GLOSARIUM
Anekdot: cerita singkat yang
menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau
terkenal berdasarkan kejadian yang sebenarnya.
CLCC: Creating Learning
Community for Children, suatu program peningkatan mutu pendidikan dasar
atas kerjasama Depdiknas dengan UNICEF dan UNESCO.
DBE: Decentralized Basic
Education, suatu program peningkatan mutu pendidikan dasar atas kerjasama
Depdiknas dengan USAID (Lembaga Bantuan Luar Negeri Pemerintah Amerika
Serikat).
Dit.Bindiklat: Direktorat
Pembinaan Pendidikan dan Latihan; salah satu direktorat yang ada di bawah
naungan Direkrorat Jenderal PMPTK – Depdiknas.
Diskusi kelompok kecil atau
berpasangan: Diskusi yang dilakukan oleh 2 - 3 orang guru untuk saling
mengemukakan dan memberi masukan atau membahas hasil kerja masing-masing.
Diskusi refleksi: diksusi yang
dilakukan dalam rangka membahas proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran
berdasarkan hasil pengamatan para observer. Diskusi dilakukan secara formal,
yang bertugas memimpin diskusi (moderator), notulis, refleksi dari guru model
dan komentar dari para observer.
Guru Inti: guru terpilih yang
telah dilatih untuk menjadi pemandu atau fasilitator bagi guru-guru yang lain
dalam kegiatan di MGMP di wilayahnya.
Guru Pemandu: yakni guru,
kepala sekolah, pengawas, widyaiswara, atau dosen yang karena kompetensinya
menjadi pemandu atau fasilitator dalam kegiatan di KKG.
Hipotesis: jawaban sementara
atau dugaan terhadap masalah yang diteliti yang secara teoritis dianggap paling
mungkin dan paling tinggi tingkat keberhasilannya.
Hipotesis tindakan: adalah
dugaan mengenai perubahan yang mungkin terjadi jika suatu tindakan dilakukan.
Hand out: informasi tertulis (cetak) yang diberikan kepada peserta
pendidikan atau pelatihan yang berisi ringkasan materi atau latihan-latihan.
Indikator: tanda-tanda yang
dapat memberikan (menjadi) petunjuk atau keterangan tentang ketercapaian tujuan
pembelajaran.
Interpretasi: penafsiran
berdasarkan pendapat/pandangan teoritis tertentu tehadap sesuatu data atau
hasil analisis data.
Kajian pengajaran: kegiatan
mencermati proses atau kegiatan belajar mengajar untuk menganalisis aspek-aspek
kurikulum, materi ajar, dan praktik pembelajarannya.GLOSARIUM PB/PTK 213
Kajian pustaka: bagian dari
proposal dan laporan penelitian yang berisi landasan teori yang digunakan untuk
menyusun hipotesis tindakan dan pemecahan masalah dalam penelitian. Kajian
pustaka disusun melalui kegiatan membaca, menelaah dan merujuk konsep-konsep
yang terkait dengan tema penelitian dari buku teks, majalah ilmiah, hasil
penelitian, hasil survai, informasi di media masa, CD/VCD atau pengalaman
praktis peneliti/ penulis.
KKG: Kelompok Kerja Guru,
adalah suatu organisasi profesi guru non yang bersifat struktural yang dibentuk
oleh guru-guru di Sekolah Dasar, di suatu wilayah atau gugus sekolah sebagai
wahana untuk saling bertukaran pengalaman guna meningkatkan kemampuan guru dan
memperbaiki kualitas pembelajaran.
Klarifikasi: penjernihan,
penjelasan dan pengembalian kepada apa yang sebenarnya terjadi dalam proses
pembelajaran yang diamati.
Kolaboratif: kegiatan yang
bersifat kerjasama antara guru dan guru, atau guru dengan pihak-pihak lain,
seperti dengan dosen, kepala sekolah, pengawas, widyaiswara, atau pejabat dinas
pendidikan.
Kompetensi: (competence=cakap,
berkuasa memutuskan, atau berwewenang); kemampuan guru untuk melaksanakan tugas
pembelajaran dan pendidikan. Kompetensi dapat pula diartikan sebagai
pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam
kebiasaan berpikir dan bertindak.
Komunitas belajar (learning
community):
adalah suatu komunitas di
lingkungan sekolah yang di dalamnya berlangsung proses saling belajar
membelajarkan antara siswa dengan siswa, antara guru dengan siswa, antara guru
dengan guru, antara guru dengan kepala sekolah, dan antara sivitas sekolah
dengan masyarakat.
Lesson Study: Lesson Study merupakan suatu model pembinaan profesi
pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan
berlandaskan prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun learning
community. Lesson Study di Indonesia dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: Plan
(merencanakan pembelajaran), Do (melaksanakan yang diobservasi), dan
See (merefleksikan berdasarkan hasil observasi).
LKS: Lembar Kerja Siswa; suatu
panduan belajar yang berisi petunjuk kerja, tugas-tugas atau pertanyaan yang
harus dikerjakan siswa.PB/PTK 214 GLOSARIUM
MBE: Managing Basic
Education, suatu program peningkatan mutu pendidikan dasar atas kerjasama
Depdiknas dengan USAID dan RTI.
Metode pembelajaran: cara yang
digunakan untuk mencapai tujuan pem-belajaran berdasarkan pendekatan yang telah
ditentukan.
MGMP: Musyawah Guru Mata
Pelajaran, awalnya disebut Musyawarah Guru Bidang Studi, adalah suatu
organisasi profesi guru yang bersifat non struktural yang dibentuk oleh
guru-guru di Sekolah Menengah (SLTP atau SLTA) di suatu wilayah sebagai wahana
untuk saling bertukar-an pengalaman guna meningkatkan kemampu-an guru dan
memperbaiki kualitas pembelajaran.
Panduan Belajar Generik
(umum): panduan belajar bagi guru pemandu atau guru secara umum dalam Program
BERMUTU yang digunakan untuk semua jenjang (SD dan SMP) dan semua bidang studi.
Isi modul generik adalah tuntunan tahapan belajar untuk latihan melaksanakan
tahapan perbaikan pembelajaran.
Panduan Belajar Bidang Studi
(Tematik, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris):
panduan belajar bagi guru
pemandu atau guru secara umum dalam Program BERMUTU yang digunakan untuk bidang
studi dan jenjang tertentu. Isi modul generik adalah tuntunan tahapan belajar
melaksanakan tahap-an perbaikan pembelajaran.
Narasi/naratif: pengisahan
suatu cerita atau kejadian dalam proses atau kegiatan belajar mengajar. Narasi
dapat juga diartikan sebagai deskripsi suatu kejadian atau peristiwa; naratif:
bersifat narasi.
NTT PEP: Nusa Tenggara Timur Primary
Education Partnership, suatu program kerjasama antara Pemerintah NTT dengan
AUSAID dalam peningkatan mutu pendidikan dasar.
Observasi pembelajaran:
kegiatan mengamati proses atau kegiatan pembelajar-an (belajar-mengajar) mulai
dari pelajaran dibuka sampai diakhir oleh guru. Dalam konteks umum, termasuk
dalam Program BERMUTU, observasi pem-belajaran difokuskan pada semua aspeks
yang terkait dengan pembelajaran mulai dari langkah-langkah guru, kegiatan
siswa, sarana/media, sampai pada proses belajar mengajar secara keseluruhan.
Namun, dalam konteks Lesson Study observasi pembelajaran lebih
difokuskan pada aktivitas belajar siswa.
Open class: kegiatan membuka kelas atau pelajaran untuk diamati oleh para
observer (guru, dosen, kepala sekolah, pengawas sekolah, pimpinan dinas
pendidikan, maupun GLOSARIUM PB/PTK 215
masyarakat umum), yang
kemudian dilanjutkan dengan kegiatan diskusi refleksi.
Paket Pembelajaran BERMUTU:
adalah suatu kesatuan bahan ajar bagi guru pada kegiatan KKG/MGMP dalam Program
BERMUTU yang berisi: Panduan Belajar Generik dan Panduan Belajar per Bidang
Studi.
Panduan Belajar Generik:
adalah panduan belajar bagi guru pada kegiatan KKG/MGMP dalam Program BERMUTU,
yang berisi panduan untuk berlatih melaksanakan upaya peningkatan pembelajaran
melalui pendekatan PTK, Lesson Study dan Case Study, yang
diperuntukan bagi pemandu dan guru anggota.
Pemaparan data: merupakan
suatu proses atau upaya untuk menampil-kan data secara jelas dan mudah dipahami
dalam bentuk paparan naratif, tabel, grafik, atau perwujudan lainnya yang dapat
memberikan gambaran jelas tentang proses dan hasil tindakan yang dilakukan.
Pembelajaran: proses, cara,
perbuatan menjadikan orang belajar. Istilah pembelajaran lebih banyak dipakai
berkaitan dengan pendangan/filosofi konstruktivistik dalam sistem pendidikan di
Indonesia, yang intinya dalam kegiatan belajar mengajar guru harus menempatkan
siswa sebagai subyek dalam belajar. Artinya guru harus mengkondisikan dan mendorong
siswa agar dapat belajar sesuatu dengan fasilitas yang telah disiapkan. Dalam
konteks ini tidak tepat lagi menggunakan istilah ”guru mengajar siswa” tetapi
”guru membelajarkan siswa”.
Pendekatan pembelajaran: ide
yang mendasari proses pembentukan atau pengem-bangan pengetahuan siswa untuk
mencapai sasaran pembelajaran/pendidikan
Pleno: suatu forum yang
diikuti oleh semua peserta kegiatan.
PMPTK: Peningkatan Mutu
Pendidik dan Tenaga Kependidikan; salah satu Direktorat Jenderal di Depdiknas
yang bertanggung jawab pada upaya peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan
(kepala sekolah, pengawas dan tenaga adminstrasi)
Portofolio: kumpulan hasil
karya atau latihan yang dilakukan oleh guru dalam mengikuti kegiatan Program
BERMUTU. Dari portofolio dapat diikuti perkembangan atau kemajuan seorang guru
dalam mengerjakan kegiatan atau latihan.
Profesionalisme guru: adalah
mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri profesi guru atau guru
yang profesional. Profesi adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan
oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan
keahlian, kemahiran, atau PB/PTK 216 GLOSARIUM
kecakapan yang memenuhi
standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan tertentu. Guru
yang profesional = guru yang bermutu/berkualitas.
Proposal: usulan
kegiatan/program, atau penelitian (PTK)
PTK: Penelitian Tindakan
Kelas, adalah penelitian reflektif yang dilaksanakan secara siklis (berdaur)
oleh guru atau dosen. PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan,
refleksi. Jika hasil refleksi menuntut adanya tindak lanjut maka penelitian
dimulai dari pencanaan lagi.
PTK Model BERMUTU: adalah suatu
kegiatan perbaikan kualitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PTK, Lesson
Study dan Case Study melalui kegiatan KKG atau MGMP.
Rambu-rambu diskusi refleksi:
aturan-aturan umum yang harus diikuti agar kegiatan diskusi refleksi berjalan
interaktif, efesien dan mencapai hasil yang diharapkan.
Rambu-rambu observasi:
aturan-aturan umum yang harus diikuti agar kegiatan observasi berjalan lancar
tanpa mengganggu proses pembelajaran dan memperoleh data atau hasil observasi.
Refleksi (dalam PTK): merupakan
kegiatan analisis–sintesis (mengurai, mengkaitkan, membandingkan dengan teori
dan pengalaman), interpretasi dan eksplanasi (penjelasan) terhadap semua
informasi yang diperoleh dari pelaksanaan tindakan. Refleksi=cerminan atau
pantulan.
Refleksi diri: kegiatan untuk
merenungkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dan peningkatan atau kemajuan yang
dicapai oleh seseorang setelah mengikuti tahapan kegiatan belajar.
Rekomendasi: saran yang
menganjurkan dan menguatkan untuk dilakukan.
Rencana tindakan: adalah
tahapan PTK dimana guru menyusun rencana pembelajaran (RPP dan perangkatnya)
dengan mempertimbangkan pendekatan, metode, strategi, materi, dan media untuk
memperbaiki kualitas proses dan hasil pembelajaran.
RPP: Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran, suatu panduan yang berisi rencana langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilakukan oleh guru bersama siswa.
Ruang lingkup: luasnya subyek
yang tercakup dalam kajian atau penelitian (PTK).
SEQIP: Science
Education Quality Improvement Project, suatu
program untuk meningkatkan kualitas pendidikan sains di Sekolah Dasar yang
dilaksanakan oleh Direktorat GLOSARIUM PB/PTK 217
Pendidikan Dasar dengan
bantuan teknis dari Pemerintah Jerman.
Skenario pembelajaran: tahapan
atau langkah-langkah pelaksanaan strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru.
Strategi pembelajaran: usaha
untuk mendayagunakan metode-metode pem-belajaran yang telah dipilih untuk
mencapai target pembelajaran secara efektif
Subyek penelitian: adalah
siswa dalam satu kelas yang akan diperbaiki kualitas pembelajarannya.
Sumber belajar: semua bahan
(cetak/tulis, softdocument, video, kaset, dsb.) yang dapat digunakan
sebagai sumber informasi atau sarana untuk mempelejari sesuatu konsep oleh
siswa atau peserta didik. Sumber belajar untuk mendukung implementasi Panduan
Belajar ini telah dikemas dalam bentuk Hardcopy (buku) dan Softcopy (file).
Tugas mandiri: tugas yang
dilakukan secara individu oleh guru peserta belajar/pelatihan untuk memperluas
wawasan atau pengetahuan tentang topik yang telah dipelajari, yang waktunya
tidak dibatasi.
Tugas terstruktur: tugas yang
harus dilakukan oleh guru peserta pelatihan sebagai tindak lanjut dari kegiatan
tatap muka untuk menyelesaikan tahapan belajar agar diperoleh hasil yang
maksimal, yang waktunya dibatasi sekitar 60% dari tatap muka.
Triangulasi: proses melakukan
valiadasi data atau informasi yang diperoleh dengan melakukan cek, recek, dan
cek silang antara guru peneliti dan guru pengamat untuk memperoleh kesimpulan
objektif.
Validasi: kegiatan untuk
menguji atau memberikan bukti empirik apakah pernyataan keyakinan yang
dirumuskan dalam bentuk hipotesis tindakan itu benar. Validasi instrumen adalah
kegiatan untuk menguji kesesuian alat ukur dengan apa yang seharusnya diukur.
PAKEM: Pembelajaran Aktif
Kreatif dan Menyenangkan.
Variabel = peubah: sesuatu
atau faktor yang nilainya dapat berubah atau yang ikut menentukan perubahan.
Dalam kaitannya dengan PTK variabel bebasnya adalah tindakan yang diplih untuk
memperbaiki pembelajaran, sementara variabel terikat adalah perubahan yang
terjadi setelah dilaksanakannya tindakan.
Validitas: kesahihan, atau
sifat benar menurut bahan bukti yang ada.
Realiabilitas: keajegan atau
kerandalan, ketelitian dan ketepatan pengukuran, menyangkut instrumen/alat ukur
dan hasilnya yang dapat dipercayaPB/PTK 218 GLOSARIUM
ICT/IT: Information and
Communication Technology/ Information Technology.
Guru model: guru yang
melaksanakan pembelajaran (dalam bentuk open class) untuk diamti oleh
guru yang lain atau observer.
Kajian
kritis: Suatu kegiatan membaca, menelaah, menganalisis suatu bacaan/artikel
untuk memperoleh ide-ide, penjelasan, data-data pendukung yang mendukung pokok
pikiran utama, serta memberikan komentar terhadap isi bacaan secara keseluruhan
dari sudut pandang kepentingan pengkaji.
No comments:
Post a Comment