Wednesday, January 7, 2015

Rumus Excel Mendapatkan Predikat Dari Nilai Skala 4 Rabu, 10-12-2014 22:36


Rabu, 10-12-2014 22:36
Dengan adanya perubahan kurikulum menjadi kurikulum 2013, buku laporan pencapaian kompetensi peserta didik juga mengalami perubahan. Nilai kuantitatif yang awalnya skala 100 menjadi skala 1 sampai 4. Selain itu juga ditambahkan predikat A sampai D untuk range skala setiap kelipatan 0,33. Bagaimana memberikan predikat secara otomatis menggunakan rumus di excel?
Excel atau aplikasi spreadsheet yang lain memberikan kemudahan dalam mengelola konsep logika yang digabungkan dengan data tertentu. Memberikan predikat tertentu pada range tertentu bisa menggunakan fungsi if, vlookup ataupun hlookup.
Perhatikan contoh tabel nilai kompetensi berikut yang terdapat pada petunjuk penggunaan buku laporan pencapaian kompetensi tentang nilai kuantitatif.

Untuk lebih mudahnya, kita gunakan fungsi vlookup karena data sudah dalam bentuk vertikal. Sebenarnya bisa juga memakai fungsi if, tetapi rumus menjadi panjang dan panjang.... Lakukan langkah-langkah berikut.
  • Buat tabel data seperti berikut. Kolom pertama berisi range dengan kelipatan 0,33, kolom kedua berisi predikat dan kolom ketiga berisi kualifikasi sikap.
  • Blok dan beri nama tabel tersebut, misal db_nk. Pembuatan nama bisa melalui name manager atau tombol create name.
  • Pada contoh tabel penerapan berikut,

    Misal F kolom hasil untuk menampilkan predikat dan E kolom yang berisi angka skala 4, tuliskan rumus pada cell F3 untuk mata pelajaran PPKn dengan:
    =VLOOKUP(E3,db_nk,2)
Konversi Nilai Skala 100 ke Nilai Skala 4
Bagaimana dengan penilaian yang sudah terlanjur menggunakan angka skala 100, sedangkan dalam buku laporan harus menggunakan skala 4?
Cukup mengkonversi angka skala 100 tersebut menjadi angka skala 4. Rumusnya sangat mudah, misal n100 adalah nilai siswa dengan skala 100, n4 adalah nilai siswa dengan skala 4. Maka:
n4 = n100 / 100 x 4
Pada excel bisa dituliskan rumus dengan contoh cell D1 sebagai berikut:
Fungsi round digunakan untuk membulatkan hasil dari penggunaan rumus di atas ditambah dua digit di belakang koma.
Sumber: nuptk.net

No comments: